Jumat, 12 Februari 2010

Your life.. your choice..

Mau sharing aja nih. Beberapa hari yang lalu aku dapet sms dari sohib sekaligus donlenku. Intinya dia bilang dia gak ngerasa klik dengan bisnis jaringan. Dia lebih suka dengan bisnis konvensional. Buatku sih, fine aja tuw.. Sebagai upline, aku memang sempet kecewa karena aku berusaha menjadikan dia sebagai leader. Sebagai sahabat, aku ngedukung apapun keputusan dia jika memang itu yang membuatnya lebih nyaman dan bahagia. Ya iyalah, dia yang ngejalanin koq. Jadi kalo dia lebih nge-klik di bisnis konvensional, dia punya modal untuk ngebangun bisnis itu, ya monggo..

Menurutku hidup adalah pilihan. Kita yang memilih, mau dibawa kemana hidup kita? Mau tetep hidup atau mati konyol? Mau jadi baik atau jahat? Mau jadi senang atau susah? Mau jadi bodoh atau pintar? Apapun itu pilihannya, pasti ada hikmahnya. Karena keputusan itu pun pastinya sudah dipikir matang-matang sebelum memilih. Iya kan?? 

Seperti hal nya aku yang memilih bisnis jaringan. Karena aku gak punya modal untuk bikin usaha konvensional. Jadi aku pilih bisnis jaringan yang modalnya kecil dengan resiko kerugian juga kecil. Malah gak kenal bangkrut karena bukan sistem stockist. Ku akui, banyak sekali tantangan dan hambatan yang seringkali lewat disetiap jalanku. Awal mula aku berkoar-koar bahwa aku seorang member Oriflame, widiiiihhh... Banyak banget yang komentar. 

X : "Lo Oriflame-an? Emang lo bisa dandan? Ngerti kosmetik juga ngga!" 
Y : "Saat ini gue emang blom bisa, tapi kalo gue mo belajar dan ikutin trainingnya, gue pasti bisa"

X : "Bisnis MLM tuw ribet, kudu punya banyak koneksi yang kaya buat nutupin poinnya. Kan harganya mahal."
Y : "MLM mana duluuuu. Jadi member Oriflame gak harus kaya atau sarjana koq. Siapa aja bisa jadi member dan sukses tanpa harus punya koneksi yang orang tajir. Coz sistemnya Oriflame tuw gak ribet jadi bisa dikerjain ma siapa aja, termasuk anak sekolah."

X : "Mo jualan Oriflame? Modalnya darimana, lha wong buat makan aja terpaksa dipas-pasin."
Y : "Gampang. Pake aja dulu duit simpenan 100rb. Gak nyampe sebulan pasti tuw modal balik lagi. Tinggal nikmatin keuntungannya aja. Kan gue gak ngutangin (sory, gue bukan tukang kredit) juga gue gak kasih diskon selain harga yang tertera di katalognya."

Alhamdulillah, sekarang udah gak ada lagi kalimat seperti itu terlontar dari lingkungan sekitar. Mereka mencoba untuk menghargai keputusanku untuk nyebur di bisnis Oriflame. Seperti halnya aku juga menghargai pilihan mereka yang belum mau bergabung. Selain itu, dengan dukungan dari temen-temen BOSSFamily membuat bisnis ini jadi terasa mudah dan menyenangkan. 

Jadiiiii apapun pilihannya, kudu konsisten agar kelak gak nyesel tuw ma apa yang dipilih. Your life, your choice. Semoga aja gak salah langkah yaaaa... Aku yakin, dengan pondasi imtaq kepada Tuhan YME, apapun pilihan hidup kita, insya Allah menghasilkan buah yang sangat lezat.

Nah, buat kamu-kamu yang memilih untuk ikutan bisnis jaringan seperti yang aku jalanin, boleh koq. Insya Allah PASTI BISA... Kan buktinya udah banyak tuw!! Kemari yuuukkk..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar